728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Tips Mudah Jauh Dari Penyakit

    4 Trik Sederhana Ini Bisa Jauhkan Diri dari Penyakit

    Jakarta, Olahraga teratur, tidur cukup dan menjaga pola makan disebut sebagai tiga kunci utama untuk hidup sehat dan panjang umur. Namun pakar mengatakan selain tiga hal tersebut, masih ada cara lain yang dapat membuat Anda jauh dari penyakit.

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 trik sederhana yang bisa jauhkan diri Anda dari penyakit.

    1. Tertawa

    Studi yang dilakukan di University of Maryland Medical Center menemukan bahwa tertawa bisa menyebabkan gelombang endorphin melepas oksida nitrat (bahan kimia dari radikal bebas yang bisa merusak sel pembuluh darah di jantung).

    "Hanya tertawa sepuluh menit sehari bisa menurunkan risiko Anda terkena serangan jantung," kata penulis studi, Michael Miller, MD.

    2. Optimis

    Sering berpikir optimis tak hanya merawat kesehatan jiwa. Sikap optimis dengan percaya bahwa Anda sulit terserang penyakit juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

    "Merasa pesimis secara alami meningkatkan hormon stres yaitu kortisol. Hal ini justru bisa menghambat produksi sel darah putih dalam tubuh untuk melawan infeksi. Sehingga sistem kekebalan tubuh tidak bisa bekerja dengan baik dan Anda justru rentan terkena peradangan dan penyakit," jelas Jacob Teitelbaum, MD dari Pittsburgh Carnegie Mellon University.

    3. Dengar musik slow

    Penelitian di Taiwan menyebut orang lebih rentan sakit jika kualitas tidur mereka buruk. Untuk meningkatkannya, Anda dapat mendengarkan musik yang bertempo lambat sebelum tidur.

    "Musik seperti itu efektif untuk menurunkan kadar hormon stres, memperlambat denyut jantung, dan meningkatkan pola pernapasan. Tapi perhatikan juga cahaya yang ada di kamar Anda " jelas Taitelbaum.

    4. Berdoa

    Peneliti dari Duke University Medical Center di Durham, Harold G Koeing, MD menuturkan bahwa orang yang ikut kegiatan keagamaan dan berdoa setidaknya seminggu sekali, 46 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dalam waktu 5 tahun.

    "Berdoa bisa mengurangi stres di mana Anda bisa mencurahkan masalah Anda pada Tuhan. Apalagi jika kegiatan keagamaan dibarengi dengan kegiatan sosial, maka itu bisa membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih baik," tutur Taitelbaum.(
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Tips Mudah Jauh Dari Penyakit Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top