728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Merubah Padang Pasir Jadi Kebun

    Demi Anak, Ibu Ini Tanami Area Tandus Padang Pasir

    Meet Yi Jiefeng

    SHANGHAI - Meet Yi Jiefeng, seorang perempuan Shanghai yang telah menanam jutaan bibit pohon Mongolia, dalam kurun waktu selama 12 tahun terakhiri ini.

    Penanaman yang dilakukan Yi selain untuk mereboisasi daerah gersang Alashan Desert tapi juga untuk menjaga ingatan YI terhadap anaknya yang telah meninggal sejak 16 tahun lalu.

    Pada 2000, anak satu-satunya, Yang Ruizhe, meninggal dalam sebuah kecelakaan di Jepang. Insiden tragis itu menjadikan ia sebagai seorang ibu yang sangat rapuh.

    Meski demikian, akhirnya Yi menemukan cara untuk mengatasi kesedihannya yaitu dengan mengabdikan hidupnya untuk memenuhi impian anaknya.

    Suatu ketika, Ruizhe bercerita bahwa ia berencana menanam pohon di wilayah Inner Mongolia Autonomous China Utara untuk menghijaukan wilayah Padang Pasir. Teringat perkataan Ruizhe, akhirnya Yi memutuskan untuk mewujudkan impian anaknya tersebut.

    Menurut Yi, anaknya sangat menyukai alam sejak masih kecil. Ruizhe amat khawatir tentang alam sekitar seperti angin, hujan, tanaman, dan hewan.

    Saat memulai penanaman, Yi dan suaminya menggunakan uang asuransi anaknya yang berjumlah sekira Rp3,5 milyar untuk membuat sebuah nirlaba yang disebut Green Life pada 2003, sebagaimana dikutip dari Oddity Central.

    Pada saat itu, mereka tidak punya banyak pengetahuan tentang pertanian atau kehutanan. Bahkan, ketika pertama kali melakukan penanaman, mereka sempat gagal karena tahun itu curah hujan sangat buruk. Bibit yang ditanam akhirnya tertiup angin kencang.

    Meski demikian, pasangan ini tidak berkecil hati sedikit pun. Mereka terus berkonsultasi dengan para ahli kehutanan setempat dan terus menyiapkan beberapa bibit untuk ditanam pada musim depan.

    Setelah melakukan persiapan dengan baik, akhirnya mereka berhasil melakukan penanaman di gurun yang tandus itu.

    Yi menuturkan, "Kekuatan anak saya telah memberikan keuntungan bagi kami. Ketika kami selesai menanam bibit tersebut, tiba-tiba terjadi hujan lebat. Sejak saat itu, kami selalu pergi menanam pohon setiap tahunnya. Setiap kami selesai melakukan penanaman hujan selalu turun”.

    Pada awalnya, pekerjaan menanam pohon ini hanya untuk mengingat anaknya, tapi kemudian kegiatan ini berubah menjadi proyek yang jauh lebih besar. Hal ini akhirnya menimbulkan kesadaran tentang degradasi lahan di China.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Merubah Padang Pasir Jadi Kebun Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top