728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Cara Jual Saham Perusahaan di Pasar Modal

    Ingin Jual Saham Perusahaan di Pasar Modal? Cari Info di Sini

    Jakarta -Pengusaha yang ingin mencatatkan saham perusahaannya di Pasar Modal bisa mengumpulkan informasi di Pusat Informasi Go Public yang hari ini resmi dibuka oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

    Berlokasi di Lantai Dasar Tower 1 Gedung BEI, Pusat Informasi ini siap melayani pelaku usaha yang ingin mencatatkan saham perusahaannya di papan perdagangan BEI.

    Setiap harin ada dua konsultan BEI yang akan memberikan panduan informasi secara gratis dengan waktu operasional efektif sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

    "Di sini, nantinya pengusaha yang akan mencatatkan sahamnya bisa bertanya. Dari mulai IPO itu apa sih? Bagaimana prosedurnya? Lembaga penunjang apa yang harus dihubungi dan sebagainya," kata Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio saat peresmian fasilitas layanan tersebut.

    Pengusaha yang datang ke fasilitas layanan ini juga akan dibekali informasi penting seperti manfaat dan kewajiban apa saja yang harus dipenuhi sebagai perusahaan tercatat.

    Diakuinya, informasi tersebut sebenarnya sudah tertuang lengkap dalam buku Panduan Go Public yang disediakan.

    "Yang namanya buku kan memang bisa dibaca. Tapi yang namanya informasi butuh tanya-tanya jadi kami akan sediakan layanan bagi yang butuh informasi tambahan bisa bertanya-tanya. Jadi datang ke sini, orang awam pun bisa faham soal IPO," sambung dia.

    Setelah calon emiten mendapatkan informasi lengkap dan ingin menindaklanjuti rencana mencatatkan saham perusahaannya, maka konsultan di Pusat Informasi Go Public akan memperkenalkan calon emiten yang bersangkutan dengan lembaga penjamin efek.

    Lembaga penjamin efek atau yang umum dikenal dengan perusahaan sekuritas adalah lembaga yang bertugas melakukan penjaminan efek dan mendampingi calon emiten dari mulai persiapan hingga pelaksanaan pencatatan saham.

    "Kami tentu tidak memberikan rekomendasi secara spesifik, tapi kami akan memberikan informasi yang lengkap tentang setiap perusahaan sekuritas yang ada. Sudah pernah menangani pencatatan saham perusahaan mana saja, dan berpengalaman di pencatatan saham jenis usaha apa. Tujuannya supaya calon emiten punya bekal yang lengkap untuk memilih perusahaan sekuritas mana yang akan menjadi penjamin efeknya," papar dia.

    Bagaimana dengan yang di luar Jakarta?

    Sejauh ini akan disediakan juga 20 Pusat Informasi Go Public di berbagai wilayah di Indonesia. Di sana, pelayanan yang diberikan pun sama dengan yang diberikan di Gedung BEI ini.

    Namun, untuk saat ini, layanan yang tersedia baru bisa diakses di 5 kota besar yakni Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, dan Bandung. Fasilitas layanan ini juga dilengkapi dengan fasilitas video conference.

    "Jadi misalnya dari Bandung ingin bicara dengan narasumber atau dengan Direktur BEI misalnya, mereka tidak perlu datang ke Jakarta, cukup via video conference bisa," pungkas dia.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Cara Jual Saham Perusahaan di Pasar Modal Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top