728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Belajar Dari Tendangan Pisang

    'Pisang-pisang' pada Tendangan Bebas Messi

    Jakarta - Kita mengenalnya dengan tendangan pisang, sebuah teknik mengeksekusi free kick yang membuat bola melengkung berbelok masuk ke gawang. Musim ini Lionel Messi makin mahir melakukannya.

    Gol terbaru Messi dengan teknik 'tendangan pisang' itu terjadi di akhir pekan ini. Dari luar kotak penalti dia melambung-lengkungkan bola melewati pagar hidup pemain Sevilla dan mengarahkannya ke pojok kiri atas gawang. Gol itu membuat Barca menyamakan kedudukan jadi 1-1, untuk akhirnya menang 2-1 setelah Gerard Pique bikin gol di babak kedua.

    Itu merupakan gol keenam Messi yang dia buat dari tendangan bebas musim ini. Dikutip dari AS, tak pernah sebelumnya dia membuat gol free kick sebanyak itu dalam satu musim

    Messi membuat dua gol tendangan bebas pertamanya musim ini ke gawang Sevilla di ajang Piala Super Eropa. Dia kemudian membuat tendangan bebas serupa ketika berhadapan dengan Deportivo La Coruna di La Liga, juga ke gawang Espanyol di Copa del Rey. Sebelum aksinya saat berhadapan dengan Sevilla, Messi juga bikin gol tendangan bebas ketika berduel dengan Celta Vigo di pertengahan Februari.

    Sepanjang kariernya di Barca, musim tersubur Messi untuk gol tendangan bebas adalah di 2012/2013. Ketika itu dia membuat empat gol.

    Yang menarik, Messi bisa mencetak gol tendangan bebas dari berbagai posisi berbeda: dari sisi kanan, kiri, atau lurus di depan kotak penalti. Semua tendangan bebas Messi yang jadi gol musim ini dia arahkan ke sisi kiri atas gawang.

    Dalam ilmu fisika, tendangan melengkung tersebut dikenal sebagai Efek Magnus. Beberapa eksekutor tendangan bebas dunia seperti Roberto Carlos, David Beckham, Gianfranco Zola, Ronaldinho, hinga Shunsuke Nakamara sangat mahir melakukannya.

    Efek Magnus diambil dari nama ilmuan Gustav Magnus yang meneliti kasus sebuah bola yang bergerak sambil berotasi. Rotasi tersebut menimbulkan aliran udara yang berbeda pada kedua sisi bola - di mana aliran udara di satu sisi lebih cepat dibanding sisi yang lain. Perbedaan kecepatan udara itu memunculkan perbedaan tekanan, yang pada akhirnya membuat bola bisa keluar dari jalurnya (berbelok arah).

    Tendangan pisang ini tentu saja bisa dilakukan dengan banyak berlatih, soalnya Efek Magnus akan mengecil jika kecepatan bola terlalu besar atau rotasinya terlalu lambat. Itu artinya, saat menendang bola dengan sisi kaki, si pemain harus melepaskan tenaga dan membuat bola berotasi pada tingkat tertentu supaya bola bisa 'menuruti' keinginan untuk melambung dan berbelok masuk ke gawang.

    Sepakbola bukan satu-satunya cabang olahraga yang memanfaatkan Efek Magnus ini. Pemain-pemain tenis meja, tenis lapangan, voli, golf, dan baseball juga banyak menggunakannya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Belajar Dari Tendangan Pisang Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top