728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Orang India Pun Berbahasa Indonesia

    Ketika Warga India Berpidato dengan Bahasa Indonesia

    New Delhi - Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI New Delhi menggelar lomba pidato berbahasa Indonesia untuk warga India. Pemenang lomba pun akan diajak berkunjung ke Indonesia pada 17 Agustus 2016.

    Lomba itu digelar pada Kamis, 21 Juli 2016, di Ruang Patimura, KBRI New Delhi. Pidato yang dilombakan mengambil tema 'Membangun Kembali Peradaban Ilmu Pengetahuan Asia' dan diikuti oleh 10 peserta yang terdiri dari warga India yang mengikuti program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di KBRI New Delhi ataupun kelas bahasa Indonesia di beberapa universitas di New Delhi.

    Dikutip dari siaran pers KBRI New Delhi, Duta Besar RI New Delhi Rizali Wilmar Indrakesuma menyampaikan bahwa lomba pidato diselenggarakan sebagai upaya untuk mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia kepada masyarakat India sekaligus memperkuat people connectivity antar masyarakat untuk meningkatkan kemitraan strategis kedua negara. Peserta lomba diharapkan juga dapat menjadi duta muda bagi promosi keragaman budaya kedua negara baik di India maupun Indonesia.

    Selain itu, Atdikbud RI New Delhi Iwan Pranoto mengatakan lomba pidato berbahasa Indonesia untuk penutur asing merupakan kegiatan rutin tahunan Atdikbud RI untuk memperkenalkan Indonesia secara luas kepada masyarakat India. Dengan berkunjung ke Indonesia, peserta diharapkan dapat mengenal dan mengeksplorasi langsung keragaman budaya dan keindahan Indonesia serta berinteraksi dengan masyarakat.

    Lomba dimenangkan oleh Ashlesha Joshi, mahasiswa Jawaharlal Nehru University program Bahasa Perancis dan murid program BIPA di KBRI New Delhi tahun 2016. Sementara juara kedua diraih Bhavna Saroha, mahasiswa Indira Gandhi National Open University program Bahasa Hindi yang juga murid program BIPA di KBRI New Delhi tahun 2016.

    "Saya senang mempelajari bahasa Indonesia. Meskipun belum mahir, namun mengetahui dan belajar bahasa Indonesia sangat berharga," ujar Ashlesha setelah pengumuman kemenangannya.

    Pemenang lomba akan mendapat hadiah berupa kesempatan berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri peringatan upacara kenegaraan HUT RI ke-71 pada tanggal 17 Agustus 2016 di Istana Negara Jakarta serta melakukan kunjungan budaya ke beberapa kota lainnya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Orang India Pun Berbahasa Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top