728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Mendapatkan Modal Startup Tanpa Harus Pinjam Bank

    Bagaimana Startup Bisa Dapat Modal Tanpa Harus Pinjam ke Bank?

    Jakarta -Melalui perusahaan modal ventura, para start-up bisa mendapatkan pinjaman tanpa harus punya agunan. Pinjaman yang diberikan perusahaan modal ventura bukan berbentuk utang melainkan penyertaan modal.

    Bagi startup yang mengajukan pembiayaan harus mengajukan presentasi ide bisnis perusahaan yang kemudian akan dilihat oleh pihak pemodal apakah layak atau tidak secara bisnis.

    "Mengajukan presentasi investasi. Di situ ide bisnis dilihat rencananya gimana terus tanya jawab siapa share holder yang pakai bisnisnya berapa banyak bisa buktikan ini akan besar, nanti kalau cocok kita kasih term sheet penawaran. Selanjutnya nanti ada perjanjian kontrak, setelah deal nanti kita tetap terus monitor perkembangannya," ujar Donald yang juga Direktur Convergence Venture, salah satu perusahaan modal ventura, kepada detikFinance, di Hotel Mercure Cikini, Jakarta.

    Setelah itu pihaknya akan melihat rekam jejak dari startup tersebut.

    "Biasanya invest ke orang yang sudah bikin produk launching dan menemukan jenis market punya track record yang benar," lanjut Donald.

    Saat ini perusahaan miliknya yang fokus di dalam pendanaan start up berbasis teknologi  telah menginvestasikan uangnya di 16 perusahaan dengan nilai investasi US$ 4 Juta.

    "Kita invest di perusahaan startup berbasis teknologi sekarang ada 16 perusahaan dengan US$ 4 juta, 2/3 perusahaan di Indonesia dan 1/3 perusahaan asing yang mengembangkan sayap ke Indonesia," tutur Donald.

    Ketua Amvesindo, Jefri Rudyanto Sirait, menambahkan melalui wadah Amvesindo, berbagai masalah dalam pengembangan startup, termasuk dalam pembiayaan.

    "Asosiasi ini kita bentuk untuk bangun ekosistem yang kuat selaku industri. Dalam hal ini player, kalau bersatu (modal ventura dan startup) menggalang dana dan ide yang lebih besar, nggak sendiri-sendiri lagi. Selain itu juga membantu startup lebih berkembang, mengambil keputusan lebih cepat," ujar Jefri.

    Amvesindo membidik 1000 startup untuk dibiayai. Donald, yang juga Wakil Ketua II Amvesindo mengatakan potensi pembiayaan tersebut didasari oleh peta jalan (road map) e-commerce yang tengah digodok oleh pemerintah.

    Dalam road map tersebut ditargetkan perputaran nilai uang yang dihasilkan dari perusahaan startup teknologi mencapai US$ 130 miliar hingga tahun 2020.

    "Dalam lima tahun ke depan idenya kita bisa membangun 1000 perusahaan startup teknologi baru. Kami juga ingin membantu startup yang ada sekarang untuk menjadi unicorn yang bisa menguasai pasar domestik dan ASEAN," kata Donald.

    OJK Perlonggaran Aturan

    Otoritas Jasa Keuangan akan melonggarkan aturan batasan modal untuk pendirian perusahaan modal ventura yang bergerak khusus di bidang pembiayaan khusus perusahaan Start Up. Saat ini aturan tersebut sedang disusun, nantinya perusahaan modal ventura bisa dibentuk dengan modal minimum Rp 1 miliar.

    "Regulasi sudah ada, kan POJK (Peraturan OJK) 35, tapi khusus modal ventura dan dana ventura, sekarang lagi susun untuk venture capital yang khusus membiayai start up dengan modal Rp 1 M, karena mereka kan hanya sebagai expertise," kata Direktur Pengawasan dan Pembiayaan OJK, Andra Sabta.

    Sementara itu, Jefri menambahkan hal ini memang akan memberikan kemudahan tapi membuat kompetisi di bisnis modal ventura akan meningkat. Namun akan memberikan dampak positif karena akan meningkatkan kemampuan perusahaan modal ventura lokal.

    "Terkait pembahasan Start Up VC Tech (Venture Capital Technology) dengan equity Rp 1 Miliar memang kemudahan, hanya kita lihat akan jadi venture capital yang secara industri lebar, pemain makin banyak," ungkap Jefri.

    "Tantangannya adalah kesiapan pemain lokal hal itu positif untuk kemampuan jangan sampai dengan nilai Rp 1 Miliar ini kita nggak mampu," tutur Jefri.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Mendapatkan Modal Startup Tanpa Harus Pinjam Bank Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top