728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Kelenteng Paling Terkenal Se Indonesia

    5 Kelenteng Paling Tersohor di Indonesia

    Jakarta - Indonesia diberkahi banyak budaya termasuk dari China. Tak heran jika banyak kelenteng yang tersebar di Indonesia, dari Sumatera sampai Sulawesi. Ini 5 kelenteng yang paling tersohor di berbagai wilayah Indonesia.

    Mulai dari Surabaya hingga Makassar, inilah 5 kelenteng paling terkenal di Indonesia.

    1. Kelenteng Dewi Kwan Im, Palembang

    Palembang jadi salah satu destinasi tepat untuk didatangi untuk merasakan Imlek yang kental. Kota ini akan bersemu merah seiring datangnya Tahun Baru China. Salah satu objek yang wajib didatangi di sana adalah Kelenteng Soei Goeat Kiong atau Kelenteng Dewi Kwan Im.

    Kelenteng ini berada di tepi jalan menuju Jl Perikanan sebelum menuju Dermaga 10 Ulu. Dua cara untuk mencapai kelenteng ini adalah dengan jalan darat dan jalan sungai. Kelenteng yang dibangun pada masa Kesultanan Palembang Darussalam dan Kolonial Belanda ini merupakan kelenteng pengganti dari yang terbakar di Kampung 7 Ulu.

    Ternyata, ada makam juga di kelenteng ini yaitu makam seorang panglima Palembang keturunan Tionghoa bernama Ju Sin Kong. Menjelang Imlek, kelenteng ini akan tampak maksimal cantiknya. Ini karena, kelenteng akan sangat ramai saat Imlek. Seluruh warga Tionghoa akan merayakannya di sini lalu berlanjut ke Pulau Kemaro.

    2. Kelenteng Jin De Yuan, Jakarta

    Jika tidak bisa liburan ke luar kota saat Imlek ini, Anda masih bisa bertolak ke Glodok, Jakarta Barat. Di sana ada Kelenteng Jin De Yuan atau Vihara Dharma Bhakti yang tak pernah sepi pengunjung. Bisa dipastikan, kelenteng ini selalu ramai saat Imlek.

    Bangunan serba merah dengan yo lo di depannya ini akan ramai saat perayaan Imlek. Para pengunjungnya tidak hanya berasal dari Jakarta, tapi juga dari luar kota seperti Lampung atau Bandung. Bahkan, ada pula turis asing seperti dari Amerika dan Australia.

    Siap-siap berdesakan dengan aneka pengunjung saat Imlek. Suasana yang kental dan keramaian yang menyenangkan jadi tujuan utama para wisatawan yang melancong ke sana. Ditambah, saat Imlek, kelenteng ini jadi sangat cantik karena dipoles dengan maksimal.

    3. Kelenteng Hong Tiek Hian, Surabaya

    Satu lagi destinasi pas untuk didatangi saat Imlek adalah Surabaya. Di sana, ada kelenteng tua bernama Hong Tiek Hian yang merupakan warisan tentara Tar-tar. Kelenteng yang berada di Kampung Dukuh ini berdiri sejak tahun 1293 dan menjadi yang tertua di Surabaya.

    Kelenteng ini menganut ajaran yang dibawa oleh Kong Tek Tjoen Ong, seorang manusia suci yang menjadi dewa sempurna. Saat Imlek, kelenteng ini akan dipenuhi manusia yang ingin beribadah dan juga yang ingin turut merayakan khidmatnya hari besar keagamaan umat Tionghoa.

    4. Kelenteng Ban Hin Kiong, Manado

    Saat ke Manado, jangan sampai terlewat melancong ke Kelenteng Ban Hin Kiong. Inilah kelenteng yang berumur 4 abad. Kelenteng yang punya arti Istana Penuh Berkah ini berada di Jl DI Panjaitan dan masuk dalam daftar itinerary wajib saat liburan ke Manado.

    Ada beberapa benda bersejarah yang ada di kelenteng ini. Pertama, sepasang kayu Poa Poe, yang menjadi penentu apakah Imlek akan dirayakan atau tidak. Selanjutnya, ada pula benda peninggalan Belanda yaitu dua meriam dari tentara VOC.

    Ketika Imlek, kelenteng ini akan ramai didatangi para jamaah dan para wisatawan. Kelenteng pun dipoles dengan cantik dan apik sehingga menambah keanggunan bangunan kuno nan penuh sejarah ini.

    5. Klenteng Xian Ma, Makassar

    Selain terkenal dengan kulinernya, Makassar juga punya kelenteng tersohor yang bernama Kelenteng Xian Ma. Rumah peribadatan ini berada di Jl Sulawesi No 112. Dalam bangunan yang memiliki 6 lantai, ada beragam dewa yang disembah.

    Kelenteng yang punya nama julukan Istana Naga Sakti ini punya 4 patung raja langit dari 4 penjuru mata angin. Anda bisa melihat patung ini di dalam bangunan. Seperti kebanyakan kelenteng lainnya, yang satu ini juga didominasi dengan warna merah dan emas. Jadi lebih menarik karena memiliki 6 lantai dengan koleksi dan pemandangan yang berbeda.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Kelenteng Paling Terkenal Se Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top