728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Menciptakan Karya Seni yang Tidak Biasa

    5 Karya seni ini diciptakan dengan cara unik

    Demi bisa melahirkan sebuah karya seni, seorang seniman rela bereksperimen dalam memilih bahan dan teknik pembuatan. Contohnya, kelima seniman ini berhasil menciptakan karya seni yang tidak biasa, mulai dari bahan dan cara pembuatan. Penasaran dengan karya mereka? Berikut adalah lima karya seni yang diciptakan dengan cara unik. Yuk kita simak bersama!

    1. Terinspirasi kotoran merpati

    Kotoran merpati mungkin terlihat menjijikkan dan beraroma tidak sedap. Tetapi apakah Anda tahu bahwa itu juga bisa menjadi inspirasi untuk perhiasan mahal?

    Seorang seniman asal Inggris membuat bros yang menyerupai bentuk, ukuran dan warna kotoran merpati. Wanita 30 tahun itu bernama Frances Wadsworth-Jones, yang berasal dari Ealing, London. Frances pun menamai karyanya Heaven Sent.

    Bros-bros ini dibuat dari permata seperti berlian hitam, safir dan turmalin. Ide untuk membuat koleksi ini datang ketika dia masih duduk di bangku kuliah di tahun 2008, ketika dia bepergian setiap hari dari Ealing ke Royal College of Art.

    "Orang mungkin berpikir bahwa saya gila karena mengumpulkan gambar kotoran burung. Dan kini saya punya ratusan. Saya menggunakan gambar ini sebagai acuan untuk merancang bros," kata Frances kepada BBC.

    Bros cantik buatan Frances dijual sekitar 2.500 pound sterling atau sekitar Rp 49 juta. Musisi Inggris, Jarvis Cocker, bahkan telah menjadi salah satu klien setianya. Tertarik?

    2. Sulap mobil kotor jadi karya seni

    Kita tidak selalu membutuhkan kanvas mahal untuk membuat sebuah karya seni yang indah. Rick Minns, dari Wicklewood, Norfolk, Inggris, membuktikan bahwa sebuah van tua yang kotor bahkan bisa disulap menjadi sebuah karya seni yang unik.

    Rick atau biasa disapa Ruddy Muddy, menciptakan karya seninya yang mengagumkan dengan menggunakan lumpur dan debu yang menempel pada van kotor yang diparkir di jalan-jalan.

    "Saya senang jika orang-orang merasa senang saat melihat karya saya. Sekarang karya saya juga sudah menyebar ke seluruh kota," kata pria 39 tahun itu kepada BBC.

    Rick membutuhkan waktu sekitar lima menit atau bahkan satu jam untuk menyelesaikan gambarnya. Menariknya lagi, dia sama sekali tidak menggunakan alat khusus untuk melakukannya. Rich hanya menggunakan jari-jarinya untuk menggambar.

    Rick awalnya membuat sketsa kasar dengan kukunya. Kemudian ia menggunakan jari-jarinya untuk mempertajam gambarnya.

    3. Jahit telapak tangan demi karya seni

    Ini mungkin akan menjadi salah satu cara paling aneh untuk melahirkan sebuah karya seni. Seorang seniman asal Spanyol - bernama David Cata - rela menjahit telapak tangannya demi menciptakan karya seni yang menakjubkan.

    Dengan menggunakan jarum dan benang, David menyulam potret orang-orang terdekatnya pada telapak tangannya. Dia menyebut karya ini "a flor de piel", yang berarti Under the Skin (di bawah kulit).

    David memang hanya menyulam lapisan atas kulitnya, namun dia pun sering terluka, karena secara tidak sengaja menembus daging tangannya. Menurut dia, Under Skin adalah sebuah "buku harian otobiografi" yang didukung oleh tubuhnya. Di situ, dia telah menulis tentang kisah hidupnya.

    "Wajah mereka telah terpatri dalam hidup saya. Mereka adalah keluarga, teman, pasangan, dan guru," kata David, seperti dilansir Design Boom.

    Di website-nya, Daud juga menulis: "Setiap orang yang kita temui membentuk kita dalam berbagai cara. Citra mereka tercermin pada kita, mengingatkan dari mana kita berasal. Kehidupan mereka berubah menjadi bagian dari kita. Setiap jahitan di atas kulit saya mewakili mereka."

    Wah, karya seni yang diciptakan David memang keren! Namun, apa tidak sakit ya?

    4. Mengukir wajah selebriti pada lipstik mahal

    Barang apa pun bisa diubah menjadi sebuah karya seni luar biasa oleh tangan-tangan kreatif. Pernah terbayang jika wajah Anda diabadikan dalam sebuah lipstik mahal?

    Well, seorang seniman kreatif dari Singapura, May Sum, berhasil menarik perhatian dunia setelah memamerkan hasil karyanya yang berupa ukiran wajah-wajah artis dunia pada lipstik merek ternama. Beberapa selebriti terkenal seperti Lady Gaga dan Audrey Hepburn menjadi inspirasinya dalam mengukir lipstik.

    Beberapa lipstik merek ternama seperti Yves Saint Laurent dan Estee Lauder menjadi bahan dasar untuk karyanya. Karena bahan baku yang digunakan dalam pembuatan karya seni ini tidak murah, May menjual karyanya dengan harga mulai dari USD 600 atau sekitar Rp 6,7 juta.

    Seperti dilansir rocketnews24, May menamai hasil karyanya Strong Women atau Wanita Kuat. Tertarik untuk memiliki karya seni luar biasa ini?

    5. Mengukir pisang

    Keisuke Yamada adalah seorang seniman otodidak asal Jepang yang mahir mengukir pisang. Hanya dengan menggunakan sendok dan tusuk gigi, seniman muda ini dapat menciptakan karya seni yang luar biasa unik.

    Mengukir pisang tentu bukan hal yang mudah, melainkan butuh keahlian khusus. Selain memiliki tekstur buah yang rapuh, warna daging pisang juga cepat berubah. Untuk menyebarkan karyanya, seniman 26 tahun itu rajin mengunggah foto-foto karyanya ke situs seni Jepang, Pixiv.

    Dalam wawancaranya dengan beberapa situs terbesar di dunia, Keisuke mengungkapkan bahwa dirinya bekerja sebagai tukang listrik di siang hari, dan menjadi seorang ahli pemahat pisang pada malam hari. Dia juga menambahkan bahwa seni memahat pisang tidaklah semudah yang dibayangkan.

    Dia harus selalu berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan semua karyanya. Satu pahatan harus selesai dalam waktu kurang dari 30 menit. Terhitung sejak pisang dikupas dan terkena udara. Memahat terlalu lama dapat membuat daging pisang berubah warna menjadi coklat.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Menciptakan Karya Seni yang Tidak Biasa Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top