728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Mungkin di Indonesia Tidak Laku - Tapi Siapa Tau Bakal Dilirik Pembeli Mancanegara !!

    Pengusaha Muda Ini Paling Dicari Personel Band Metal di Dunia

    Jakarta -Siapa yang tidak kenal band metal Metallica, Sepultura dan Ozzy Osbourne. Tahukah Anda, para personel grup band tersebut menggunakan aksesori buatan tangan orang Indonesia?

    Banyak personel band metal dunia yang konser atau berkunjung ke Indonesia selalu menyempatkan datang ke pabrik aksesorinya atau bertemu di Jakarta dengan pemilik perusahaan aksesoris tersebut, siapa dia?

    Orang tersebut adalah Hedi Rusdian warga Bandung, Jawa Barat, yang lebih membuatnya lebih luar biasa lagi usianya baru 21 tahun.

    "Band metal terkenal kalau datang ke Jakarta misalnya konser, selalu mampir ke tempat saya atau bertemu dengan saya di Jakarta. Tujuannya ya ingin melihat dan membeli aksesori buatan Fourspeed Metalwerks, usaha yang saya dirikan," ujar Hedi ditemui di PAD28.

    Aksesori yang dibuat Hedi merupakan aksesori berbahan besi yang diukir dengan tangan dan dibuat per produknya terbatas alias tak dibuat massal.

    "Aksesori berupa cincin dan kepala ikat pinggang serta aksesoris lainnya ini sudah digunakan oleh personel Metallica, Ozzy Osbourne, Sepultura, dan banyak lagi band metal luar negeri yang bagi saya ketemu mereka saja sudah mimpi, apalagi mereka memakai produk buatan saya," katanya.

    Hedi menceritakan bagaimana aksesori buatannya tersebut bisa dipakai para personel band kelas dunia tersebut.

    "Saya dulu ya tinggalnya di jalanan, namanya juga anak pencinta musik metal, ya identik dengan urakan, saya banyak kumpul dengan tukang ojeg, orang-orang pinggir jalan. Suatu hari saya punya ide membuat sendiri aksesori dari besi yang dibuat dengan tangan, buatnya lama, satu item bisa satu-dua bulan. Namun sayangkan ketika dijual di Bandung atau di Jakarta sendiri harganya hanya Rp 30.000 paling mahal Rp 200.000, tapi itupun kurang laku," ungkapnya.

    Hedi tak putus asa, dirinya berpikir jika tidak laku di Indonesia mungkin di luar negeri bisa laku keras. Tapi bagaimana caranya? dia pun berinisiatif memasarkan produk aksesorinya lewat internet, dimana dengan internet tersebut orang yang melihat produk aksesorinya tidak hanya orang Indonesia tetapi juga orang di seluruh dunia.

    "Ternyata saya banyak pesanan dari pecinta musik metal dari Amerika, mereka lebih menghargai seni, aksesoris saya terkenal di sana, sampai akhirnya juga digunakan para personel Metallica dan Sepultura yang mana mereka juga idola saya," ungkapnya.

    Ketika banyak orang di luar negeri yang menggunakan aksesorinya, termasuk band metal terkenal di dunia, barulah Hedi memasarkan produknya di Indonesia.

    "Dulu yang dijual Rp 30.000 kurang laku, kita sekarang jualnya seperti cincin dari Rp 700.000-Rp 1,6 juta, kepala ikat pinggang dari Rp 1,6 juta-Rp 2,6 juta, kami jualnya sama harganya dengan yang di Amerika, Australia dan beberapa negara lainnya. Sempat banyak yang protes dari pelanggan lama kita, tapi ya mereka tahu aksesori yang mereka beli ini dipakai band metal terkenal di dunia," ujarnya.

    Hedi menambahkan saat ini tidak kurang 200-500 aksesori terjual tiap bulannya, dan 80% diekspor ke luar negeri.

    "Pembuatannya yang detail dan menggunakan tangan memakan waktu bisa 1 bulan untuk cincin dan 2 bulan untuk kepala ikat pinggang, namun sebagian besar penjualan aksesorinya melalui internet," katanya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Mungkin di Indonesia Tidak Laku - Tapi Siapa Tau Bakal Dilirik Pembeli Mancanegara !! Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top