728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Orang Indonesia di Festival Film Cannes

    Adi Putra, Eksis di Cannes Lewat Film Pendek Hingga Garap Video Klip Bareng Moby

    Jakarta - Satu lagi seniman kreatif Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Adi Putra, pria berusia 24 tahun, melenggang ke Cannes Film Festival dan bekerja sama dengan musisi Moby.

    Cowok jebolan University of Southern California jurusan Cinematic Arts- Film Production itu sudah cukup banyak memproduksi film pendek. Film pendek pertamanya, 'Green Religion', dibuat ketika masih duduk di bangku SMA.

    'Green Religion' mengangkat isu global warming. Adi dan temannya mengambil gambar sejumlah daerah di Jakarta yang memperlihatkan rusaknya lingkungan. Sampah di mana-mana, hingga berbagai cuplikan bencana yang terjadi di negeri ini.

    Film berdurasi 13 menit itu menyorot dua agama terbesar di Indonesia, dan mewawancarai pemuka-pemuka agama tersebut tentang isu global warming. Apakah pemuka agama mayoritas mengajarkan kepada umatnya untuk menyayangi lingkungan? Film ini masuk nominasi kategori Film Terbaik 'Think Act Change' Documentary Film Festival (2007) dan Jogjakarta Documentary Film Festival (2008).

    Dilansir dari situs pribadinya, adiptr.com, setelah itu sang sineas muda terlibat dalam produksi film pendek 'Laura' (2010), 'Adam' (2011), 'Crossing Over' (2011), 'Avis Aetas' (2012), dan 'Merry Christmas, Bubble' (2013). Untuk film 'Adam', Adi yang menulis cerita dan menyutradarai film tersebut mendapat kesempatan untuk memutarnya di Cannes Film Festival 2012 di Short Film Corner. Saat melenggang di karpet merah Cannes untuk pertama kalinya itu, Adi masih berusia 22 tahun.

    'Adam' bercerita tentang bocah laki-laki dari keluarga yang tak harmonis, dan membuatnya memiliki teman imajiner berupa action figure. Kala itu, 'Adam' tampil bersama film Indonesia lainnya yakni 'Lewat Djam Malam' karya Usmar Ismail (pembuka seksi Cannes Classics) dan 'Postcards From The Zoo' karya Edwin.

    Proyek Video Klip Bersama Moby

    Adi membantu pembuatan video klip 'A Case For Shame' milik Moby sebagai asisten sutradara. Lagu yang merupakan kolaborasi Moby bersama Cold Specks itu adalah debut album Moby yang mengambil lokasi syuting rumahnya di Los Angeles.

    Dalam video klip menampilkan beberapa karakter bertopeng yang menjadi cover di album 'Innocent' Moby. Sementara Moby dan Cold Speck diambil gambarnya saat berada di dalam air.

    "My fiend Adi and i shot a bunch of random footage during the making of 'innocents', and then my friend marcus herring took the footage and made it psychedelic and crazy," demikian potongan caption dalam video yang diunggah Moby pada akun Facebook-nya saat promosi.

    Kerjasama dengan Carlos Landa, Adi kemudian menyutradarai video klip Sonnymoon berjudul 'Summer Night'. Lagu dengan alunan musik elektronik itu menampilkan video dengan atmosfer khas gurun di film Barat.

    Karya terbaru Adi sebagai sutradara bisa dilihat di lagu Blackbird Blackbird berjudul 'There Is Nowhere.' Lagu ini baru dirilis secara online di AS hari ini.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Orang Indonesia di Festival Film Cannes Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top